Artikel Terbaru

Tips Aman Berbelanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu

Contoh banner 2

Tips Aman Berbelanja Online – Berbelanja online kini menjadi pilihan para Ibu rumah tangga bahkan anda yang masih remaja sekalipun. Selain dimudahkan, umumnya belanja online dilakukan sebagai trend masa kini yang begitu booming di masyarakat. Jadi banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelanjaan via online yang banyak dilakukan saat ini.

Melakukan belanja online tentu tidak hanya mudah dan praktis saja, melainkan juga mengundang resiko yang tidak diinginkan. Salah satunya seperti penipuan, masalah seperti ini yang paling umum terjadi ketika sedang mencoba berbelanja online. Berikut ada tips aman berbelanja online agar tidak tertipu.

Tips Aman Berbelanja Online
Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk lebih aman ketika berbelanja online. Anda bisa melakukan tips aman berbelanja online di internet agar tidak terkena tipu dan sebagainya. Berikut cara yang bisa anda coba dan lakukan:

1. Lakukan Riset Sebelum Deal
Riset dapat anda lakukan apabila baru pertama kali berbelanja di lapak yang berbeda. Pastikan toko online yang dipilih sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik di mata para pelanggan.

2. Jangan Tergiur Harga yang Murah
Perlu diketahui bahwa strategi penipu dalam memancing korban adalah memberikan harga murah dengan barang mewah. Apabila anda akan berbelanja online, pastikan terlebih dahulu normalnya harga yang diberikan. Jika dirasa terlalu dibawah pasaran yang ada, maka anda patut untuk lebih berhati-hati atau sebaiknya menghindari. Pikirkan dengan harga yang ditawarkan. Beberapa kasus terjadi akibat pembeli tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Jika barang berada jauh dibawah harga pasaran, maka pertimbangkan kembali.

3. Simpan Semua Bukti Transaksi Online
Jika anda seringkali melakukan bisnis online, tentu bukan hal yang asing untuk mendapatkan bukti transaksi anda. Sebaiknya simpan dengan baik bukti tersebut. Agar lebih aman, anda bisa menyimpan bukti mulai dari percakapan baik melalui SMS, Sosial media maupun koneksi lainnya. Simpanlah sampai barang yang anda order sampai di tangan anda. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika anda menjadi korban.

4. Jangan Berpatokan pada Testimoni
Hal yang sering dilakukan calon pembeli adalah melihat testimoni yang banyak dari suatu bisnis online. Tidak ada salahnya memang. Namun perlu anda ketahui bahwa hal ini tidak berlaku lagi sebab oknum penipuan sekarang juga sudah mengantisipasi hal tersebut. Mereka bisa memalsu atau membuat testimoni karangan untuk membuat anda yakin dalam berbisnis online.

5. Utamakan COD (Cash on Delivery)
Tips yang satu ini bisa dikatakan paling bisa menghindarkan anda dari penipuan bisnis online. Jika anda membeli sebuah barang, mintalah untuk bertransaksi secara COD. Mengapa demikian ? Ini akan membantu anda memastikan si penjual bukanlah penipu. Anda bisa mengecek langsung barang yang sudah anda beli.

6. Gunakan Informasi Personal 
Gunakan informasi personal secara terbatas. Jika informasi personal memang dibutuhkan maka sebaiknya isi beberapa bagian penting yang diminta saat checkout.

7. Pilih Transaksi Pembayaran yang Aman
Umumnya pembayaran lewat Paypal atau kartu kredit menjadi pilihan yang aman. Pembeli harus mencari kredit dari pihak penerbit kartu (bank) apabila produk yang dibeli tidak terkirim.

8. Baca Kebijakan dan Ketentuan
Baca setiap kebijakan pengembalian atau lainnya untuk memastikan keamanan atas barang yang anda beli.

9. Pastikan Anda Sudah Benar-Benar Yakin
Jika ragu, maka tinggalkan. Jika anda ragu atas segala permintaan informasi atau lainnya, maka sebaiknya tinggalkan atau urungkan niat untuk berbelanja online di situs yang bersangkutan.

Dengan perkembangan zaman yang secepat ini, semakin banyak pula kejahatan yang berkembang. Tidak ada salahnya melakukan langkah antisipasi agar tidak menjadi korban penipuan. Ingatlah tips menghindari penipuan bisnis online ini untuk melindungi anda sebagai konsumen.

Itulah beberapa tips aman berbelanja online agar tidak tertipu yang bisa anda coba dan lakukan. Teliti dahulu sebelum anda memutuskan untuk berbelanja di onlineshop tersebut. Hal ini untuk menjaga keamanan sekaligus mengurangi resiko yang tidak diinginkan.