Artikel Terbaru

5 Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan yang Perlu Diketahui

Contoh banner 2

5 Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan - Membangun sebuah bisnis  itu tidak mudah dan perlu kerja keras. Persaingan yang ketat membuat kita untuk terus memutar otak agar bisnis yang kita jalankan tetap berjalan. Bisnis akan tetap berjalan jika para pelanggan tetap percaya dengan usaha kita.  Karena kepercayaan pelanggan merupakan komponen terpenting dalam dunia usaha. Berikut 5 tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan.

1.Menjaga kualitas Produk
Menjaga kualitas produk merupakan hal penting dalam usaha. Ketika produkmu cacat konsumen akan kecewa. Dan kemungkinan paling fatal konsumen tidak akan membeli lagi produk kita.

2. Service Excellent
Service Excellent selalu menjadi bagian komponen terpenting dalam berbisnis. Banyak pengusaha gulung tikar karena pelayanan yang kurang baik. Mereka sering mebeda-badakan kelas pelayanan konsumen, hal ini akan membuat konsumen akan merasa tidak nyaman. Sebaiknya kamu tetap menjaga pelayananmu dalam berbisnis. Baik kelas bawah, menengah dan atas. Dan jangan hanya pada awal saja pelayananmu baik namun juga sampai akhir usahamu.

3. Kejujuran
Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan kamu harus menjual produkmu dengan jujur.  Jangan sampai kamu membohongi konsumenmu dengan bilang produkmu bagus, namun kenyataanya tidak sesuai yang kamu katakan. Konsumen tidak akan mempercayai kamu lagi ketika kamu pernah membohonginya satu kali. Jika kamu tidak ingin bisnismu hancur maka kamu harus jujur.

4. Pengolahan data yang Baik.
Pengolahan data yang baik merupakan bagian dari membangun kepercayaan pelanggan. Dengan rekam data yang baik, misalnya kamu  mencatat berbagai komplain yang diajukan pelanggan disebuah buku dengan jelas. Seperti nama, tangal, alamat, dan komplain yang diajukan. Serta kamu tulis juga bagaimana kamu menyelesaikan persoalan itu dengan baik. Dengan data ini kamu menunjukkan pada konsumen, bahwa bisnismu memang patut dipercaya.

5. Memberikan Bonus pada Pelanggan Setia
Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya untuk membangun kepercayaan pelangaan adalah dengan memberi bonus pada pelanggan setia. Kamu dapat memberinya souvenir, pelayanan spesial, ataupun produk spesial. Karena dengan kamu memperlakukan mereka dengan spesial maka kamu akan diperlakukan dengan spesial juga.